Yayasan BOS Menjamin Keselamatan dan Kesejahteraan 6 Orang Utan di Balai TNBBBR

Agen Casino

Yayasan BOS Menjamin Keselamatan dan Kesejahteraan 6 Orang Utan di Balai TNBBBR – Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation bersama-sama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah, kembali melepasliarkan enam orang utan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan. Hal semacam itu dilaksanakan menjadi langkah terpenting buat meyakinkan kesuksesan usaha konservasi dalam periode panjang.

“Kami di Balai TNBBBR bersama-sama team dari Yayasan BOS, bertanggung-jawab jamin keselamatan serta kesejahteraan beberapa orang utan itu. Kami mengharapkan mereka juga dapat membuat generasi baru populasi orang utan liar yg mandiri serta lestari,” kata Kepala Balai TNBBBR Lokasi Kalimantan Tengah serta Kalimantan Barat, Agung Nugroho di Palangka Raya, Kamis (14/3/2019).

Enam orang utan itu terdiri atas tiga jantan, yaitu Rosidin usia 20 tahun, Tristan usia 16 tahun, serta Borneo 1 tahun; dan tiga betina, yaitu Buntok usia 12 tahun, Paijah 15 tahun, serta Danida 13 tahun. Sebelum dilepasliarkan, ke enam orang utan itu mesti meniti perjalanan sepanjang 10-12 jam meniti arah darat serta sungai ketujuan titik-titik pelepasliaran yg udah dipastikan di rimba TNBBBR.

“Manusia sesungguhnya terima faedah paling besar kalau lingkungan hidup terbangun baik serta lestari. Oleh sebab itu, kita selayaknya kerja bersama-sama buat wujudkan soal ini,” pungkasnya.

Disamping itu, Kepala BKSDA Kalimantan tengah Adib Gunawan mengatakan pihaknya selalu merajut kerja sama erat dengan beragam pihak yg aktif bekerja dalam usaha pelestarian lingkungan. Ia mengemukakan Yayasan BOS yg menopang pihaknya merehabilitasi orang utan korban deforestasi juga dengan teratur melepasliarkan orang utan ke habitat alaminya.

Ia juga mengharapkan usaha ini dapat direplikasi atau bahkan juga di kembangkan oleh beberapa pemangku keperluan berbeda buat pelestarian lingkungan di Propinsi Kalimantan tengah.

“Mulai sejak 2016, kerja sama ini udah sukses memulangkan beberapa ratus orang utan ke habitatnya. Pelepasliaran enam orang utan itu juga menjadi kerja hasil bersama-sama yg menakjubkan, jumlahnya totalnya raih 120,” kata Adib.