Tambah Alat Ukur Kualitas Udara, Pemprov DKI Siapkan Rp 5 M

Agen Casino

Tambah Alat Ukur Kualitas Udara, Pemprov DKI Siapkan Rp 5 M – Pemprov DKI akan meningkatkan alat ukur kualitas udara di Jakarta. Budget sejumlah Rp 5 miliar digelontorkan.

“Jika yang saat ini seputar Rp 5 M. Persisnya kelak bertanya yang di lab, tetapi yang beberapa tahun kemarin, Rp 5 M satu setnya untuk PM 2,5. Jadi ada 6 patokan (alat yang dipunyai) ada PM 10, PM 2,5, SO2 selanjutnya NO, CO, Ozon,” sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, pada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/7/2019).

Particulate matter (PM) ialah arti untuk partikel padat atau cair yang diketemukan di udara. Unit ini umumnya digunakan untuk pengukuran udara.

Sekarang ini, Pemprov DKI telah mempunyai 8 alat ukur kualitas udara. Dua alat penambahan akan dibeli tahun ini serta 8 alat diperkirakan dibeli pada 2020.

“(Tahun ini) ada 2 jika tidak salah. Jika tidak salah tahun kedepan 8. Jadi kita telah lebih dari minimum 13 (alat),” sebut Andono.

Adanya alat ukur udara di DKI Jakarta, kualitas udara akan terpantau. Wilayah dengan kualitas udara yang baik atau jelek di Jakarta bisa didapati.

“Dari sana akan tahu pemetaannya, hotspot-hotspotnya berada di mana. mana yang masih bagus. Jadi tidak cuma satu (tunjukkan) buruk, jadi kan ada beberapa tempat lain uang relatif semakin bagus,” sebut Andono.

Gagasan menambahkan alat ukur kualitas udara di Jakarta ini sudah pernah diutarakan oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan. Alat ukur kualitas udara di Jakarta sekarang ini disebutkan baru ada 8 serta menyebar di sejumlah titik.

“Kita akan mempersiapkan beberapa alat ukur kualitas udara, sebab ini hari, jika kita diberi pertanyaan balik katakan kualitas udara jelek, karena itu kita cuma dapat memastikan paling 10 titik. 15 titik optimal di Jakarta,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).