Sempat Jadi Polemik, Kini Riko Simanjuntak Rileks ke Timnas

Sempat Jadi Polemik, Kini Riko Simanjuntak Rileks ke Timnas – Riko Simanjuntak akan melakukan kiprah di arena bersaing bersama dengan Tim nasional Indonesia di Piala AFF 2018. Kegesitannya bersama dengan Persija Jakarta jadi pembuka jalan.

Riko jadi salah satunya pilar Persija sekarang ini. Tempatnya hampir tidak tergantikan menjadi winger kanan.

Soccerway mencatat ia tampil dalam 2.150 menit laga dengan telah cetak tiga gol. Persija bukan club pertamanya. Bisa disebut ia ikut tidak muda kembali.

Ya, Riko mengawali karir sepakbola bersama dengan PSMS Medan pada 2012. Pria kelahiran Pematangsiantar, Medan, 26 Januari 1992, itu lalu pergi ke PS Bangka pada 2014 serta berubah ke Gresik United pada 2015.

Perlahan-lahan nama Riko mulai naik waktu jadi sisi pokok dari Seman Padang pada 2017. Pergerakannya disamping lapangan begitu gesit serta sering membuat lawan kesusahan menghentikannya.

Riko main sekitar 34 kali untuk team berjulukan Kabau Sirah saat itu. Ada dua gol yang ia bikin untuk Semen Padang di Liga 1 2017. Namun, perform oke Riko tidak dapat selamatkan Semen Padang dari degradasi.

Lalu, Riko pergi ke Persija serta tinggalkan Seman Padang yang terlempar ke Liga 2. Dibawah polesan pelatih Stefano Cugurra Teco, ia hampir tidak tergantikan serta mengantarkannya ke perolehan paling tinggi pesepakbola, yaitu membela Team Nasional.

Pemain bertubuh mungil itu ikut salah satunya pemain sebagai saksi dari tragedi kematian penjaga gawang Persela Lamongan, Choirul Huda. Ia sudah sempat menolong membawakan serta memberi tabung oksigen untuk Huda, yang tengah mendapatkan perawatan di lapangan.

“Itu aksi spontan saya untuk Bang Khoirul Huda. Saya yang paling dekat serta memang seharusnya cepat sesudah saya dengar yang lainnya teriak, “oksigen, oksigen”, saya menanggapi dengan mesti membantu saat itu. Mesti secepatnya,” tutur ia.