Sebanyak 5.620 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Lodaya 2018 di Cirebon

Sebanyak 5.620 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Lodaya 2018 di Cirebon – Sepanjang implementasi Operasi Zebra Lodaya 2018, Satlantas Polres Cirebon sukses menjaring sejumlah 5.620 pelanggar. Operasi Zebra Lodaya diadakan sepanjang dua minggu atau 30 Oktober-12 November.

Kasatlantas Polres Cirebon AKP Ahmat Troy mengemukakan dari keseluruhan pelanggar itu style pelanggaran yang sangat banyak yakni berhubungan dengan pelindung kepala helm, baik gak memanfaatkan helm atau yang memanfaatkan helm namun gak berstandar nasional.

“Totalnya 5.620 pelanggar yang kita tilang. Paling banyak itu bab pemanfaatan helm, raih 2.543 pelanggar. Ya pertimbangannya sich sebab dekat, jadi gak memakai helm,” kata Troy di Mapolres Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (13/11/2018).

Menurut ketentuan jalan raya, menurut Troy, tindak pelanggaran diklasifikasikan jadi tujuh definisi, pemanfaatan helm, menantang arus, berkendara dalam situasi dampak alkohol, bermain telephone seluler kala berkendara, melewati batas kecepatan, berkendara dibawah usia, serta definisi lain-lain, termasuk juga administrasi. Pelanggaran menantang arus, lanjut Troy, adalah pelanggaran paling banyak ke-2. Keseluruhan pelanggarannya raih 1.166 pelanggar.

“Ada 1.166 pelanggar yang menantang arus. Nah, kalaupun yang administrasi itu masuknya definisi lain-lain, totalnya ada 515 pelanggar yang ditilang. Lantas untuk pelanggaran yang bermain telephone seluler kala berkendara ada 233 pelanggar,” tuturnya.

Troy katakan pelanggaran yang lain yaitu anak dibawah usia mengendarai sepeda motor. Keseluruhan pelanggarnya raih 341 orang. “Dari tujuh definisi pelanggaran, untuk pelanggaran definisi pengendara dibawah usia raih 341 pelanggar,” tutur Troy.

“Kalaupun yang di pengaruhi alkohol serta melewati batas kecepatan, nihil,” pungkasnya.

Ia memaparkan keseluruhan pelanggaran yang ditindak pada Operasi Zebra Lodaya tahun ini alami penambahan ketimbang tahun awal mulanya. Menurut Troy, tahun yang lalu Satlantas Polres Cirebon menindak sejumlah 3.917 pelanggar.

“Ada kenaikan dibandingkan tahun awal mulanya. Kenaikannya lebih kurang 30,30 %. Kita akan tetap lakukan sosialisi kesadaran berlalu lintas, dengan angan-angan yang akan datang mereka tertata,” tutur Troy.