Ribuan Warga Tumpah Di Pantai Ketawang Untuk Saksikan Festival Kite

Ribuan Warga Tumpah Di Pantai Ketawang Untuk Saksikan Festival Kite – Beberapa puluh layang-layang unik menghias langit Pantai Ketawang Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dalam festival layang-layang tingkat nasional yang diselenggarakan semenjak tempo hari. Bukan sekedar di ramaikan peserta dari Indonesia saja, beberapa peserta yang berperan serta juga datang dari Malaysia, Jepang serta Polandia.

Beberapa puluh layang-layang unik beberapa bentuk terbang menghiasi langit Pantai Ketawang, Desa Ketawang, Kecamatan Grabag semenjak Sabtu (28/7) hari ini. Sekurang-kurangnya 54 club turut menyemarakkan gelaran Purworejo Kite Festival 2018 itu, bahkan juga peserta dari Malaysia, Jepang serta Polandia juga turut ambillah sisi.

” Pesertanya ada seputar 50-an, bahkan juga di ramaikan juga dari Johor serta Malaka Malaysia, Jepang serta dari Polandia, ” kata Ketua Panitia penyelenggara, Adang Nugrahantara

Beberapa ribu masyarakat juga tumpah untuk melihat gelaran festival itu. Pengunjung dapat melihat beberapa layang-layang unik dalam beberapa bentuk seperti naga, kuda laut, buaya, cumi-cumi, spiral serta ada banyak lagi.

Mengenai kelompok yang dinilai mencakup kelompok tradisionil, dua dimensi, tiga dimensi serta train naga. Nanti semasing kelompok akan diambil juara yang akan mendapat tropi, piagam penghargaan serta uang pembinaan.

” Ada 4 kelompok yang semasing juaranya akan mendapat tropi, piagam penghargaan serta uang pembinaan, ” paparnya.

Salah seseorang peserta, Akio (42) asal Tokyo Jepang mengakui suka dapat berperan serta dalam acara itu. Yang akan datang bila festival seperti ini diselenggarakan kembali, jadi ia merencanakan akan membawa serta teman-temannya dari jepang untuk turut menyemarakkan arena itu.

” Anginnya bagus, saya senang, tetapi saya takut dengan ombak kalaupun sampai besar seperti tempo hari. Kalaupun tahun kedepan acara ini ada lagi saya akan bawa serta rekan-rekan yang lainnya untuk turut menerbangkan layang-layang disini, ” katanya.

Untuk meningkatkan suatu layang-layang naga dengan panjang 100 mtr., memerlukan sekurang-kurangnya 10 orang karena berat layang-layang waktu terbang dapat sampai tiga ratus kg. Gagasannya festival ini akan teratur diselenggarakan tiap-tiap tahun serta bahkan juga diinginkan dapat berskala internasional.