PSSI Usulkan VAR Di Liga 1, Sanggupkah PT LIB

Agen Casino

PSSI Usulkan VAR Di Liga 1, Sanggupkah PT LIB – PSSI mewacanakan pemakaian VAR (Video Assistant Referee) pada Liga 1 2019. Tetapi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberi signal tidak mampu memenuhinya.

Gagasan pemakaian VAR itu ditampilkan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Ia menyebutkan langkah itu ditempuh untuk jaga kualitas pertandingan musim ini.

Tetapi, Direktur Penting Interm PT Liga Indonesia Baru (LIB) sekaligus juga Anggota Komite Eksekutif PSSI, Dirk Soplanit, memandang pemakaian VAR tidak dapat tergesa-gesa. Karena, PT LIB harus mempersiapkan beberapa hal.

“Kami tempo hari malam sudah sempat rapat Exco untuk menjajaki peluang pemakaian VAR. Tetapi prosedurnya memang tidak gampang, yang pertama kwalifikasi wasit, infrastruktur di stadion sangat mungkin ataukah tidak. Beberapa hal yang perlu dibahas. Memang prediksi kami dengan ketentuan yang ada paling cepat jika normal kami dapat mengaplikasikan sampai 2021,” tutur Dirk.

Sambil penuhi kriteria pemakaian VAR itu, LIB berupaya mengangkat kapasitas wasit di lapangan.

“Tapi dengan mode seperti ini, bukan VAR tetapi ada alat kontrol yang contohnya ada insiden yang mengarah pro-kontra, ya gunakan alat rekaman atau apa yang dapat dipakai. Tetapi ini masih dibahas, paling bertahaplah, soalnya infrastruktur tidak murah,” ia memberikan tambahan.

Pemakaian VAR muncul sesudah jumlahnya masalah polemis di beberapa laga. Kapasitas wasit dipandang belum seutuhnya memberi kepuasan sebab sering lakukan kekeliruan dalam memutuskan.