Peneliti Menemukan Kejut Listrik Pada Otak Bisa Pertajam Ingatan

Mempunyai daya ingat tajam yaitu idaman kebanyakan orang. Seiring waktu berjalan, daya ingat umumnya alami penurunan karna kepikunan atau demensia menghantui tiap-tiap manusia.

Oleh karenanya, beberapa peneliti mencari langkah agar bisa tingkatkan daya ingat seorang. Dalam penelitiannya, Michael Kahana, profesor psikologi di University of Pennsylvania, serta koleganya temukan kalau kirim stimulasi listrik kecil bia tingkatkan daya ingat seorang.

” Kami lihat penambahan daya ingat sebesar 15 %, ” ungkap Kahana diambil dari NPR, Selasa (06/02/2018).

Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications ini mengatakan kalau kuncinya yaitu kirim stimulasi listrik kecil pada tempat serta saat yang pas.

Kahana juga menerangkan, pendekatan ini menyaratkan ada langkah baru untuk menangani problem ingatan yang dikarenakan penyakit Alzheimer. Sayangnya, tehnologi ini masih tetap jauh dari kata siap untuk dipakai dengan massal.

Pada awalnya, Kahana serta timnya berupaya coba mengerti kenapa otak seringkali tidak berhasil menaruh info yang dikehendaki.

” Saat kami coba pelajari daftar barang, kadang-kadang barang itu melekat dalam ingatan tapi kadang waktu saat kita alami penyimpangan dimana kita tidak dapat mengingat apa pun, ” terang Kahana.

Karena itu, Kahana serta koleganya mencari langkah untuk menolong peranan otak supaya tambah baik. Mereka memakai computer untuk pelajari alur kesibukan elektrik dalam otak yang memberikan indikasi masalah memori.

Setelah itu beberapa peneliti merekrut 25 pasien epilepsi jadi peserta riset. Penentuan peserta ini karna mereka sudah mempunyai elektroda (berbentuk implan) yang ditanamkan di otak untuk memantaunya.

Beberapa peneliti lalu memohon peserta untuk mengingat daftar kata, dimana computer itu masih tetap memantau kesibukan otak peserta. Computer ini belajar memperkirakan, berdasar pada alur kesibukan otak, waktu satu kata baru tidak ‘tenggelam’.

Pada percobaan setelah itu, beberapa peserta kembali disuruh pelajari daftar kata. Kesempatan ini computer tidak cuma memperkirakan kapan mereka lupa, tapi juga memberi mereka sedikit surprise listrik kecil waktu mereka lupa kata dalam daftar itu untuk memperbaikinya.