Miris! Siswa di Tambora NTB Harus Belajar Diluar Kelas

Miris! Siswa di Tambora NTB Harus Belajar Diluar Kelas – Potret pendidikan di kaki Gunung Tambora, NTB, cukuplah menyayat hati. Bagaimana tidak, sarana disini begitu minim, seperti gedung sekolah yang jauh dari kata wajar, ketersedian fasilitas serta prasaran yang kurang prima dan kurangnya tenaga guru. Walau demikian, semangat beberapa siswa untuk belajar tidak dapat dipatahkan.

Gunung Tambora berdiri pas diantara dua lokasi yang berlainan, Kabupaten Bima serta Kabupaten Dompu. Untuk mencapai harapan, adik-adik siswa di Sekolah Basic Desa Oi Sembur, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), ikhlas belajar diluar ruang kelas.

Kondisi ini memaksa mereka karena keadaan bangunan yang retak-terak, atap bocor bahkan juga ada yang telah rubuh. Bangunan sekolah mereka diperparah oleh goncangan gempa Bumi yang berlangsung Minggu (5/8/2018) kemarin.

Bukan sekedar itu, rusaknya gedung sekolah juga dikarenakan oleh goncangan gempa bumi yang berlangsung pada tahun 2016 kemarin. Mulai sejak itu, bangunan mereka belum pernah diperbaiki oleh pemerintah daerah ditempat.

” Telah empat hari kami belajar diluar ruang kelas. Kami tidak berani belajar didalam kelas, ditambah lagi ini seringkali berlangsung gempa susulan, ” papar salah seseorang guru, Sugeng Purnomo, Rabu (9/8/2018).

Beberapa siswa begitu ketertarikan ikuti Proses Pekerjaan Belajar Mengajar (KBM) diluar ruang kelas ini. Akan tetapi waktu belajar tidak cocok dengan jadwal yang dipastikan. Hal tersebut mengingat keadaan luar ruang yang disinari oleh matahari.