Melihat Kemeriahan Perayaan Cap Go Meh di Bekasi

Melihat Kemeriahan Perayaan Cap Go Meh di Bekasi – Perayaan cap go meh di Kota Bekasi berjalan meriah. Beberapa ribu orang tumpah ruah di jalanan untuk menyemarakkan perayaan hari paling akhir di Tahun Baru Imlek.

Peserta pawai pergi dari Kelenteng Hok Lay Kiong di Jl Kenari I, Margahayu, Bekasi Timur semenjak jam 13.00 WIB, Selasa (19/2/2019). Orang dewasa, remaja, sampai anak-anak ikut menyemarakkan Pawai Cap Gomeh.

Beberapa jenis type barongsai tampak dalam rombongan pawai. Dari mulai ukuran jumbo sampai ukuran mini dengan beberapa pernak-pernik.

Beberapa masyarakat yang melihat di pinggir jalan terlihat memberi angpao untuk beberapa barongsai. Angpao masyarakat di terima pemain barongsai lewat ‘mulut’ barongsai.

Bukan sekedar itu, beberapa orang terlihat menggotong joly atau tandu berwarna merah. Tiap-tiap beberapa mtr., joly digoyangkan ke kanan serta ke kiri.

Lantunan musik dari gendang serta simbal terdengar jelas di seputar rombongan pawai. Gendang, simbal, serta alat musik yang lain di gotong memakai gerobak.

Terlihat beberapa peserta pawai berdandan ala suku Dayak. Diluar itu, cosplay ciri-ciri dalam serial ‘Kera Sakti’ serta Reog Ponorogo pun ada dalam pawai itu.

Tampak beberapa remaja ikuti pawai memakai eggrang. Pemuda yang lain yang terlihat kenakan pakaian seperti tentara trampil mainkan mini barongsai. Mereka terlihat luwes menggerakan barongsai itu.

Panjang Pawai Cap Go Meh seputar 500 mtr.. Beberapa petugas kepolisian serta Dishub Kota Bekasi terlihat mengamankan tempat pawai.

Arus jalan raya sudah sempat diberhentikan polisi waktu Pawai Cap Go Meh melintas. Kasubag Humas Polres Metro Bekasi, Kompol Erna Ruswing menjelaskan 200 personel di turunkan untuk mengamankan Pawai Cap Go Meh di Bekasi.

“200 personel di turunkan. Titik riskan kemacetan di Bulan-Bulan (Stasiun Bekasi),” tutur Erna saat dihubungi.

Ronny menjelaskan beberapa ribu masyarakat ikut menyemarakkan Pawai Cap Go Meh di Bekasi. “Beberapa ribu orang ini hadir dari Bekasi serta sekelilingnya,” tutur Ronny.

“Harapannya kita semua lancar baik melakukan tahun ini serta mendekati Pemilu kita meminta penduduk rukun semua berlainan piliham itu lumrah tapi kita jangan pernah mengakibatkan kerusakan persaudaraan. Kita jagalah persaudaraan kita jagalah keutuhan kesatuan bangsa kita,” tutur Ronny.