Macan yang Memangsa Puluhan Ternak di Lereng Lawu Akhirnya Tertangkap

Macan yang Memangsa Puluhan Ternak di Lereng Lawu Akhirnya Tertangkap – Macan yang memangsa beberapa puluh hewan ternak di lereng Gunung Lawu lokasi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah itu pada akhirnya tertangkap. Macan yang memangsa tenak masyarakat ini type macan tutul atau Panthera pardus melas.

Macan itu hampir dua bulan berkeliaran lintas daerah di seputar lereng Gunung Lawu. Macan tutul itu sukses masuk perangkap.

Perangkap telah dipasang semenjak satu bulan lantas sesudah macan tutul menerkam kambing di Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. Macan didapati ada perangkap yang dipasang di Desa Wonorejo, Jatiyoso, seputar waktu subuh barusan, Sabtu (22/12/2018).

“Tidak didapati dengan tentu masuk perangkap jam berapakah. Tetapi masyarakat lihat macan telah masuk perangkap barusan subuh,” kata Kapolsek Jatiyoso, Iptu Subarkah.

Menurut Kapolsek, macan tutul akhir kali tampak di pemukiman masyarakat di akhir November tempo hari. Diprediksikan seputar 26 ekor kambing di Jatiyoso telah jadi korban keganasan macan tutul.

“Sekurang-kurangnya ada lima kali momen (penerkaman kambing). Sesudah itu cuma berkeliaran, sempat sampai ke genting rumah ikut, tetapi tidak memangsa kambing,” tutur ia.

Sekarang ini pihaknya tengah bekerjasama dengan Balai Perlindungan Sumber Daya Alam (BKSDA). Gagasannya, macan tutul akan diserahkan ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.