Listrik Padam Ditambah Genset Meledak Berdampak Pada Pelaksanaan UNBK SMP di Blitar

Listrik Padam Ditambah Genset Meledak Berdampak Pada Pelaksanaan UNBK SMP di Blitar – Karena listrik mendadak padam, penerapan UNBK dua SMP di Kabupaten Blitar molor sampai 1,5 jam. Insiden ini makin lama penanganannya, sebab genset yang disediakan untuk menangani matinya arus listrik, malah meledak sebab over power suply.

Menyikapi permasalahan ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar langsung mengirim surat pada PLN. Sebab awalnya PLN memiliki komitmen mengawasi supply listrik sepanjang berlangsungnya Ujian Nasional Berbasiskan Computer ini. Serta situasi cuaca di hari ini begitu cerah.

“Kami langsung mengirim surat pada PLN, sebab ini hajat nasional buat pendidikan anak negeri. Hingga akan jadi perhatian, agar tidak terulang kembali,” kata Kasi Kurikulum serta Penilaian SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Tatit Indro Wicaksono, Kamis (25/4/2019).

Data yang dikumpulkan, ke-2 SMP yang melakukan UNBK ini dari SMPN 1 Wonodadi dengan jumlahnya siswa 94. Serta SMP Mualimin Wonodadi dengan jumlahnya siswa sekitar 96.

Ke-2 SMP ini menumpang penerapan UNBK di MAN 3 Kunir. Sekitar 190 siswa ini mendapatkan sisi di session tiga yang semestinya mulai pada jam 14.00-16.00 wib.

Tetapi barusan peserta UNBK ini log in tidak diduga listrik padam. Operator sekolah yang sudah menyiapkan genset, lalu cepat-cepat menyalakan.

Rupanya ada kekeliruan waktu petugas menyalakan genset. Hingga alat penyuplai listrik itu meledak serta memunculkan rusaknya jaringan pada tiga client.

Diknas Pemkab Blitar mengatakan bila sampai batas waktu jam 16.00 wib rusaknya belum dapat diatasi, maka dikerjakan ujian susulan.

“Alhamdulillah listrik telah nyala . Tetapi sebab barusan tenaga dari genset meledak membuat rusaknya tiga jaringan client. Hingga kami siapkan tethering-nya,” tutur Tatit.

Jam 15.32 wib, permasalahan jaringan serta arus listrik bisa diatasi. Hingga penerapan UNBK dapat diawali. Sebab molor 1,5 jam, automatis peserta dikasih penambahan waktu sampai 1,5 jam ke depan.

Sesaat pihak PLN Blitar menyikapi pemadaman tanpa ada pemberitahuan ini sebab terdapatnya masalah. Supervisor Tehnik PLN Blitar, Robertus Nanda Terakhir mengatakan, padamnya listrik berlangsung dari perlindungan di Bendowulung sampai Pikatan.

“Bukan sekedar Wonodadi yang mendadak padam. Tetapi dari perlindungan Bendowulung ke barat utara sampai Pikatan. Ini kami tengah menelusuri pemicu masalah. Tetapi sampai sekarang ini belum terdeteksi,” ujarnya.