Kupas Mangga Seperti Pisang

Kupas Mangga Seperti PisangĀ  – Persilangan mangga arumanis serta mangga saigon membuahkan varietas baru mangga agri gardina 45. Mangga memiliki ukuran mungil berwarna kuning kemerahan ini punyai kelebihan dapat dikupas seperti buah pisang. Lantaran itu, mangga ini dimaksud mangga pisang.

“Mangga agri gardina 45 atau mangga pisang ini sebelumnya untuk melakukan perbaikan mangga arumanis 143. Mangga arumanis kan kulitnya hijau, agar merah disilangkan dengan mangga-mangga merah. Nah kami silangkan dengan mangga saigon. Mangga saigon itu buahnya kecil, warnanya merah, hanyalah berasa lumayan ada getirnya,” kata Karsinah, pengamat Kebun Eksperimen Cukurgondang, Tubuh Pengamatan serta Peningkatan Kementerian Pertanian, Grati, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (1/12/2018).

Mangga pisang spesial tidak cuman mempunyai perasaan manis ikut bentuk yg cantik. “Perasaan mangga ini ambil dari arumanis, bentuk serta warnanya dari mangga saigon,” papar Karsinah, sambil mengimplementasikan mengupas mangga petik pohon serta mengonsumsinya.

Pohon mangga pisang mempunyai judul rendah hingga pas ditanam di area sempit perkotaan. Produksinya tinggi serta buahnya lebat.

Mangga ini produksinya tinggi, lebat buahnya. Jadi tanamannya pendek pas untuk pot atau untuk lahan-lahan sempit perkotaan. Pas untuk agro wisata sebab dapat ditanam jarak rapat bahkan juga dalam pot,” terangnya.

Karsinah menyampaikan, mangga pisang ikut sangat kencang berbuah. Bila ditanam di tanah luas dua tahun udah mulai berbuah, dan di dalan pot usia 1 tahun udah mulai berbuah. “Dari bunga mekar hingga panen kurang lebih 90 hari,” katanya.

Rebin, pengamat yang lain, menyampaikan varietas mangga unggul ini tidak didapat dengan gampang. Pengamat perlu waktu sampai 10 tahun untuk membuahkan mangga spesial ini.

“Kami mulai persilangan pada 2003, pada 2011 baru dapat berbuah. Kala itu buahnya udah lebat tetapi masih tetap dibutuhkan pelajari. Pada akhirnya pada 2014, kami daftarkan jadi varietas baru serta kami bebaskan,” tuturnya.

Mulai sejak dilepaskan, Kebun Eksperimen Cukurgondang udah menghasilkan lebih dari 2.000 bibit untuk warga. Tetapi, belumlah ada usaha pemerintah untuk kerjakan peningkatan varietas ini.

“Sambutan warga sangatlah baik. Tetapi belumlah ada peningkatan dari pemerintah. Pekerjaan kami jadi pengamat sekedar temukan serta mencari varietas-varietas baru yg lebih unggul,” jelas Rebin.

Kebun Eksperimen Cukurgondang yg udah berdiri mulai sejak 1938 ini berubah menjadi kebun koleksi plasma nutfah mangga terlengkap di Asia Tenggara. Di area seluas 13,02 hektar ini tumbuh 2000 pohon. Ada 208 varietas lama, 165 varietas hasil persilangan serta 105 koleksi baru.

Mulai sejak 1984 sampai 2016, kebun ini udah membebaskan 16 varietas ke warga. Pada 1984 dilepaskan mangga golek-21, manalagi-69, arumanis-143. Pada 2007 dilepaskan mangga kraton-199, marifta-01, sala-250, ken layung, dugur-141, manggasari-243, gayam-315.

Pada 2009 dilepaskan mangga garifta orange, garifta merah, garifta kuning, garifta gading. Sesaat mangga agri gardina 45 atau mangga pisang dilepaskan pada 2014, serta pada 2016 dilepaskan mangga gadung 21.