BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Barat Lampung

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Barat Lampung – Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) mengemukakan peringatan awal siaga keadaan gelombang tinggi di perairan Pelabuhan Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Minggu sampai Senin (20/8) pagi.

Menurut BMKG, Team Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Minggu, tinggi gelombang di Pelabuhan Krui diprediksikan sampai lebih dari 2,5 mtr..

Prakiraan cuaca umum Propinsi Lampung laku 19 Agustus jam 07.00 WIB s/d 20 Agustus 2018 jam 07.00 WIB, mengatakan angin pada umumnya bertiup dari arah timur sampai selatan dengan kecepatan pada 3-15 knots (5-28 km/jam). Jarak pandang sekitar pada 5-10 km.

Suhu hawa pada umumnya sekitar pada 23-34 derajat Celsius, terkecuali Lampung sisi barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, serta Pesisir Barat) sekitar 17-30 derajat Celsius.

Kelembaban hawa pada umumnya sekitar 48-85 %, terkecuali Lampung sisi barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, serta Pesisir Barat) sekitar 65-97 %.

BMKG juga mengemukakan prakiraan kemampuan hujan di lokasi Propinsi Lampung alami penambahan dalam tiga hari ke depan. Penambahan kelembaban hawa dari yang awal mulanya kering jadi basah mengakibatkan kemampuan pembentukan awan kembali jadi besar.

Diluar itu, jumlahnya daya untuk konveksi atau arti meteorologinya CAPE juga berlangsung penambahan yang cukuplah berarti, hingga kemampuan untuk tercipta awan hujan jadi besar.

Aspek yang lain merupakan berkurangnya kecepatan angin di susunan 3.000 ft yang membuat angin bisa berkembang atau tumbuh tinggi dengan baik. Saat puncak musim kemarau, angin bertiup cukuplah kencang hingga awan akan cepat punah tidak dapat untuk tumbuh tinggi.

Akan tetapi, BMKG memperingatkan penduduk jika keadaan itu bukan bermakna akan selekasnya masuk musim hujan, akan tetapi keadaan atmosfer tengah dalam keadaan mensupport tercipta awan-awan hujan.

BMKG mengatakan, lokasi di Lampung yang punya potensi besar banyak mendapatkan hujan merupakan Kabupaten Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, serta Lampung Utara.

Akan tetapi tidak tutup peluang lokasi yang lain akan turun hujan karena aspek pendukungnya cukuplah rata di lokasi Lampung.